Bootcamp CCIE Villa Dago Bandung 2014


Hai guys, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya sewaktu mengikuti Bootcamp CCIE di Bandung, 14 - 22 juni 2014. Sebelum masuk inti cerita, saya mau tanya sama agan - agan dulu nih.. Bootcamp itu apa sih? Makanan? Semacam kue dari ketan gitu? hahahah. Of course no! Bootcamp ini bukan makanan lho. Terus apaan dong? Kalo belum tau, dipikir sendiri aja dah, buat PR kumpulin besok ya!


Penasaran ya hehehe... Jujur sih, saya sendiri belum menemukan gambaran yang pas buat memaknai program yang namanya Bootcamp ini. Denger kata Bootcamp aja baru kemarin, hehe. Saya cuma bisa ngasih sedikit gambaran nih ya.. Bootcamp itu seperti.. Acara pelatihan khusus, yang tampat dan waktunya telah ditentukan bersama. Jadi Bootcamp CCIE itu ya.... Acara training atau belajar bersama mengenai hal - hal seputar CCIE. Yah, semacam itulah pengertiannya menurut versi saya pribadi.
Terus, hal - hal seputar CCIE itu yang bagaimana sih kira - kira? Oke, saya kasih gambaran deh.. Yang pasti, hal - hal tersebut berkaitan erat dengan CCIE, contoh : biaya untuk ujian written CCIE, biaya ujian Lab, tempat - tempat untuk ujian, dan materi - materi yang akan dipelajari untuk ujian tersebut.
Nah, dalam acara ini, kami para peserta Bootcamp akan dibimbing untuk belajar tentang materi - materi dalam CCIE.
Dalam CCIE sendiri, ada 2 kategori yang akan dipelajari yaitu CCIE RS (Routing Switching) dan SP (Service Provider). Saya tidak akan membahas satu - satu. Anda bisa searching sendiri mengenai 2 hal tersebut.

Oke, let's begin the story...
Hari Sabtu, 14 juni kami berangkat dlari Jakarta pukul 06.00 WIB. Tujuan kami yang tidak lain adalah tempat Bootcamp sendiri adalah Villa Dago 78, Bandung. Setelah perjalanan yang melelahkan selama lebih-kurang 2 jam, kami sampai juga di villa Tersebut. And this is the villa..



Keren kan tuh villa.. Sesampainya disitu sih kami sempet cari  makan dulu,, maklum dari rumah belum sarapan heheh.. Kita keliling2 cari warung, alhamdulillah nemu juga,, ga terlalu jauh dari villa sih. Setelah selesai sarapan kami istirahat sebentar sambil mengunggu teman - teman yang belum datang. Setelah semuanya datang, di hari itu juga kita langsung mulai belajar. Pertama Pak Dedi sebagai trainer CCIE RS mempresentasikan tentang materinya.



Lalu Mas Idhfan juga mempresentasikan materi tentang CCIE SP,



dan yang terakhir adalah Mas Rofiq yang mempresentasikan tentang mikrotik, tapi tanpa slide yang ditampilkan wkwk.



Jadi dia sekedar menceritakan tentang mikrotik gitu deh...
Setelah 3 orang penting ini selesai berpresentasi, kami dipersilakan untuk memperkenalkan diri masing-masing.





















Setelah perkenalan , kami langsung melanjutkan dengan training sesuai dengan bidang masing - masing. Nah, ada yang menarik dalam pembagian tempat untuk latihan ini. Kenapa saya bilang menarik? Karena menurut saya ini lucu hehehe... Jadi gini gan,, untuk CCIE RS, tempat trainingnya ada di tempat yang barusan kita gunakan untuk presentasi, yaitu di lantai 2. Untuk CCIE SP, tempatnya ada di ruang tamu di lantai 1. Nah, pertanyaannya? MTCINE tempatnya ada dimana? :D Karna belum kepikiran, maka diputuskan tempat training untuk MTCINE dibebaskan (bisa dimana saja) wkwkwk. Tapi alhamdulillah, mereka justru menemukan tempat yang joss, yaitu di ruang bersantai dengan sofa yang empuk dan nyaman, cieee, enak ya wkwk.

Pembagian tempat ini sebenarnya hanya untuk teorinya saja, sedangkan pada saat ngelab, peserta dibebaskan memilih tempatnya. Bisa di kamar, di halaman villa, maupun di kebun disekitar villa tersebut. Di Villa Dago 78 ini sendiri, pemandangannya sangat menawan. Maklum lah,, memang letaknya di daerah pegunungan. Jadi jangan heran kalo disini udaranya dingin. Untung saja ada air panas untuk mandi, jadi kami masih tetap mandi walaupun udaranya dingin. Coba bayangkan kalau enggak ada air panas,, bisa - bisa kami enggak mandi selama Bootcamp hehehehe.

Kalo hari - hari setelahnya sih kebanyakan sama. Kita training sesua dengan jadwal yang telah ditentukan.Kita belajar mulai jam 9 pagi sampai jam 12 malam. Sepanjang durasi tersebut, kita membaginya dalam 3 sesi. Sesi pertama adalah teori, ini durasinya lebih kurang 1 jam.Dalam sesi ini, tempatnya sudah ditentukan bersama. Sesi berikutnya adalah ngelab. Inilah sesi dengan durasi terpanjang, yaitu dari pukul 10.00 -  21.00. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, dalam sesi ini peserta bebas memilih tempat untuk ngelabnya. Dan sesi terakhir, yaitu ngerjain troubleshoot. durasinya selama 3 jam, yaitu dari 21.00 - 00.00. Itulah yang kami lakukan setiap hari selama mengikuti bootcamp ini. tentu saja ilmu kami jadi makin meningkat hehe.

Kalo yang paling saya suka sendiri sih, saat makan - makan :D


 MANTAP!! :D
JOSS!! :v
Masih sama dengan yag diatas noh..

 Silakan bapak - bapaknya duluan deh... :3
 Ambil aja pak, dipilih - pilih apanya coba? -__-
Kurang lebar mas Rofiq,, hahaha
Makan sambil "berpose"
    Kebersamaannya terasa banget dah...
sasas
              Jangan berebut ya, semua kebagian kok :D
Budayakan mengantri....
 Kompak banget yak,,  1 2 3 Aemmmm.... wkwk
 Pak Dedi makan sambol nonton tv, ati - ati pak, ntar keselek lho wkwk
                                                                                


Nah, bisa dilihat... kalo urusan makan, wajahnya ga ada yang burem alias pada semangat semua :D Sekarang gimana ya expresi mereka kalo lagi ngelab ato ngerjain troubleshoot? ntar keliatan deh, wajah asli mereka :v yok kita tengok dulu...




























Yah.. mungkin itu ja sih cerita tentang Bootcampnya. Pokoknya seru lah, enggak rugi ikut acara beginian, keren malahan.
Terimakasih buat ID-Networkers yang telah mengikutsertakan saya dalam acara yang bergengsi seperti ini. Harapannya sih, ntar bisa ikut Bootcamp lagi di bulan Desember ini,hehe.
Untuk posting berikutnya, mungkin kebanyakan akan membahas tentang materi - materi untuk CCNP dan CCIE SP.
Terimakasih semuanya, Wabillahi Taufik wal Hidayah
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

0 komentar:

Posting Komentar